Misteri Kembang Kantil, Dari Tuah Pusaka Hingga Sarana Buka Aura

Dunia mistik dan spiritual Nusantara memang tak bisa dilepaskan dari ubarampe atau sarana pengantar ritual. Ubarampe yang wajib ada dalam setiap ritual yaitu berbagai macam kembang, salah satunya adalah kembang kantil atau cempaka putih.

Secara maknawi, kantil bermakna menggantung atau selalu menyertai. Itulah mengapa bunga satu ini tak pernah tertinggal dalam berbagai ritual dan upacara adat Nusantara. Kembang ini mempunyai warna putih kekuningan dengan kelopak bunga memanjang dan mengeluarkan bau harum yang khas.

Namun dibalik kekhasan aromanya, kembang kantil ternyata penuh dengan cerita misteri. Apa saja misteri kembang kantil di masyarakat? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda.


Baca Juga : 


Misteri Kembang Kantil, Dari Bentuk Pusaka Sampai Sarana Buka Aura

Sebagai ubarampe sebuah ritual, kembang kantil dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi pemakainya. Wangi baunya membuat seseorang yang berdoa dan melakukan ritual cepat mengantarkannya kepada Tuhan YME. Itulah mengapa saripati bunga kantil sering digunakan sebagai bahan minyak wangi. Selain itu, wangi bunganya yang khas selalu diidentikkan dengan aura mistis dan klenik.

Kesan mistis dan klenik memang tak bisa dijauhkkan dari pemahaman masyarakat, bahkan sampai sekarang. Kembang kantil dimitoskan sebagai bunga pendeteksi keperawanan seseorang. Jadi, saat bunga sudah tak lagi mengeluarkan bau wangi dan kuncupnya terbuka diartikan pengantin sudah tidak perawan lagi.

Dalam kepercayaan Jawa, kembang kantil merupakan jenis bunga kesukaan Kanjeng Ratu Kidul, penguasa Laut Selatan. Nilai kesakralan bunga ini semakin diperkuat dengan cerita bahwa kantil adalah kembang untuk memanggil kuntilanak. Makhluk gaib yang satu ini dipercaya sangat suka menempati pohon kantil.

Dalam dunia metafisika dan supranatural, kembang kantil digunakan sebagai sarana mengamalkan ilmu pelet, pengasihan, pembuka aura, hingga pemasangan susuk. Mistis dan daya tarik bunga kantil juga menginspirasi para empu untuk membuat pusaka, jimat, atau pegangan berbentuk bunga kantil.

Itulah misteri kembang kantil dalam dunia mistik Nusantara. Jadi, masih beranikah menanam bunga kantil di halaman rumah Anda? Namun jika Anda menginginkan daya spiritual kembang kantil untuk aura diri, silakan klik www.ningasmara.com